Rabu, 10 Juni 2020

Semua Tentang Sablon

Hari-hari sebelumnya melihat sutra digunakan sebagai layar, maka istilah "layar sutra" muncul. Dunia grafis sering menyebut layar sutra sebagai Serigraphy. Kemudian pada jerat polimer

digunakan. Teknologi dan peralatan cetak berkembang dengan cepat sebagai hasil dari mana berbagai manifestasi telah menandai diri mereka di dunia percetakan baik itu pada kain, grafik atau hal lainnya.



Peralatan yang digunakan untuk sablon

Langkah pertama dan terpenting adalah memilih layar tertentu dan kemudian memasangnya dengan kuat pada bingkai aluminium atau kayu. Sebuah stensil kemudian diukir di layar dengan membuat ruang diblokir untuk mencapai desain yang diinginkan. Kualitas tinta yang akan digunakan harus sablon format besar dipertimbangkan tergantung pada desain yang akan dicetak dan juga substansi ke mana desain akan dicetak. Pergerakan mesh dikendalikan oleh alat pisau karet yang dipasang erat dengan pegangan yang kaku. Bagian dasar mesin memegang bahan dan membantu layar untuk mencetak desain pada bahan.

Aplikasi sablon

Substansi yang harus dilakukan pencetakan dapat terdiri dari berbagai hal seperti sutra, kain, katun, T-shirt, poliester, sampul CD, iklan, poster, jam tangan, produk medis, elektronik cetak, papan seluncur salju, teknologi film dan banyak lagi yang perlu disebutkan, belum lagi industri olahraga dan industri pemasaran juga. Aplikasi sablon tersebar luas dengan penggunaan tinta berkualitas.

Tekniknya

Layar atau jala halus berpegang erat pada bingkai dan stensil diukir dari itu dari desain yang diinginkan. Layar kemudian ditempatkan di atas bahan atau bahan yang diinginkan. Menggunakan bar pengisi, tinta diisi ke dalam lubang stensil. Stensil tidak diperbolehkan untuk bersentuhan langsung dengan bahan atau layar akan dihindarkan. Dengan menggunakan kekuatan cahaya layar dipindahkan ke bawah dan pengisian tinta dilakukan secara efektif. Squeegee mengontrol gerakan ini dan aksi kapiler mengontrol pengisian tinta. Penyapu kemudian bergerak ke atas layar lagi dan meninggalkan tanda tinta yang diinginkan dari desain pada bahan atau bahan.

Sablon menggunakan tiga jenis pers yaitu silinder, flat-bed dan Rotary dimana rotary adalah pers yang banyak digunakan. Jika desain yang sama ingin dicetak lagi maka layar dapat digunakan lagi. Layar dapat diperbarui jika desain baru akan dicetak. Layar dapat diperbarui dengan menghapus tinta, stensil, dan emulsi menggunakan penghilang stensil yang tersedia dalam bentuk gel, bubuk dan cairan. Penerapan teknik emulsi foto untuk melakukan stensil telah populer selama lebih dari 50 tahun sekarang.

Desain yang berbeda menggunakan berbagai jenis tinta untuk pencetakan untuk menghasilkan efek khusus pada bahan yang digunakan dan sesuai dengan permintaan di pasar. Tinta yang banyak pencetakan layar massal online digunakan adalah "Plastisol" yang tahan lama dan juga memberikan tekstur plastis.

Meningkatkan kualitas Screen Print

Produk yang lembut dan jernih yang membuat penyesuaian dalam pigmentasi tinta dapat digunakan untuk memodifikasi kualitas tinta. Sifat lembut dari produk membuatnya mudah untuk meningkatkan kualitas cetak layar. Kualitas perekat disesuaikan oleh peredam yang dapat disembuhkan yang membantu memberikan hasil cetak yang lebih baik.

Penajaman yang teratur dari pisau pembersih harus dijaga dan tekanan serta sudutnya harus disesuaikan untuk konsistensi tinta yang tepat. Mesh atau layar juga harus diposisikan dengan benar sehingga memberikan penumpukan tinta yang tepat pada zat yang digunakan.

0 komentar:

Posting Komentar